Health, Info

Cara Menghilangkan Rasa Haus Ketika Puasa

Cara menghilangkan rasa haus puasa. Ramadhan 1440 Hijriah pada tahun 2019 segera datang dan umat Islam diwajibkan berpuasa dimulai Imsak tiba hingga Maghrib.

Pada waktu menjalankan puasa seharian penuh itu kita menahan rasa lapar dan minum dan banyak beramal sholeh.

Asupan nutrisi baik makan atau minuman yang baik untuk kesehatan saat sahur dapat cara menghilangkan rasa haus puasa dan sangat berperan menjaga kondisi tubuh ketika dehidrasi (kehilangan ion tubuh) pada siang hari.

Apalagi cuaca pada Ramadhan 1440 Hijriah sangat panas yang menyengat sekali. Apabila kondis cuaca panas akan menguras cairan dan ion pada tubuh saat puasa. Baik bagi yang beraktifitas berpapasan langsung dengan teriknya matahari dan sesorang yang kerja diruanganpun merasakan hal sama.

Nah maka dari itu daftarnet ada tips cara menghilangkan rasa haus puasa seharian penuh.

Menghilangkan Rasa Haus Puasa

Di bawah ini ada beberapa asupan nurisi untuk mengatasi rasa haus ketika puasa dan mencegah dehidrasi:

1). Konsumsi minum air putih ketika sahur lebih banyak dibanding hari biasa

cara menghilankan haus puasa

Agar tidak haus berpuasa, minumlah air putih 3 liter ketika berbuka puasa hingga tiba waktu imsak.

Gambaran waktu minum air putih (pukul 17:42 hingga 04:01).

Pada pukul 17:42 hingga 04:01 WIB maka Anda harus mengkonsumsi air putih. Misalkan minum air putih apabila sudah berbuka puasa dan biasanya ada waktu istirahat dulu sebelum melaksanakan Shalat Tarawih.

Pada saat istirahat itu Anda harus minum 2 gelas air putih dulu, dan ketika terbangun dari tidur biasakan minum lagi bersiap sahur besok harinya.

Pola minum lebih banyak (1 jam 2 gelas 400ml) pada malam hari, akan memperlambat kehilangan ion tubuh karena dehidrasi siang hari saat puasa siang hari.

2). Perbanyak makan buah-buahan segar

Agar Tidak haus saat puasa

Seperti Anda ketahui buah-buahan banyak mengandung Air dan Vitamin C yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap segar pada siang hari ketika berpuasa.

Buah-buahan yang memberi kesegaran saat puasa diantaranya buah melon, stroberi, semangka, anggur dengan kadar air hingga 90-92% . Apabila buah rasberi, bluberi, nanas mengandung 85-89% air.

Anda bisa dengan memakan langsung buah-buahan tadi atau dengan cara dijus.

3). Konsumsi Yogurt

Yogur dapat mengatasi haus puasa

Nutrisi yang ada pada kandungan Yogurt sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan ion pada siang hari, Yogurt mengandung kalsium, protein dan mengandung 85% air.

Nah itulah beberapa minuman yang dapat menghilangkan haus puasa, dengan asupan nutrisi yang seimbang dan puasa tidak menjadi beban karena haus yang teramat sekali.

Bagikan ke teman Anda:
error: hmmm!!! Ada yang kami bantu, hubungi kami!